Senin, 13 Desember 2010

Puskapol: Awas! SBY Penguasa Tunggal

* Lintas Berita

alt
Indikasi bahwa pemerintahan ke depan tanpa oposisi semakin menguat dengan terpilihnya Taufiq Kiemas sebagai Ketua MPR. Direktur Puskapol UI, Sri Budi Ekowardani menilai, jika ke depan tidak ada pihak oposisi, masyarakat harus lebih kritis dalam menyikapi kinerja pemerintahan.

Menurutnya, parpol yang ada saat ini hanya mencari aman untuk mendapatkan apa yang diperlukannya untuk masa mendatang. "Saat ini, partai sepertinya menggantung kepada pemerintahan untuk mendapatkan resource. Dalam kondisi itulah parpol cari aman dengan terlibat dalam koalisi," ujarnya, Selasa (6/10).

Jika hal itu terjadi, maka presiden akan menjadi penguasa yang sangat kuat. "Masyarakat sipil ke depan tidak boleh lelah dalam mengkritisi pemerintahan dan harus terus menyampaikan kritik kepada pemerintah," ujarnya.

Selain masyarakat sipil, Sri menilai peran media massa ke depan juga harus lebih baik. "Media harus berada di depan dalam hal menyampaikan permasalahan yang ada di masyarakat," imbuhnya.

Sri Budi Ekowardani juga berharap DPR tidak menutup mata dan telinga, meski di sana banyak anggota yang berasal dari parpol pendukung presiden. Sri menilai jika itu terjadi maka yang terjadi adalah situasi orba yang ditutupi dengan wajah demokrasi. (i

Tidak ada komentar:

Posting Komentar