Sabtu, 19 Maret 2011

Surat Kongres AS yang Menekan SBY Agar Mencabut SKB dan UU Penodaan Agama

Surat Kongres AS yang Menekan SBY Agar Mencabut SKB dan UU Penodaan Agama
PostDateIconSaturday, 19 March 2011 21:30 | PostAuthorIconWritten by Shodiq Ramadhan | PDF Print E-mail

* Lintas Berita

alt
Jakarta (SI ONLINE)-Berikut ini adalah terjemah dari surat yang dikirimkan 27 anggota Kongres Amerika Serikat kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Scan surat asli itu berasal dari Kantor Human Rights Watch (HRW) di Washington, yang dikatakan sebagai lembaga yang melakukan advokasi dukungan dari kongres AS untuk pencabutan SKB.


HRW lantas mengirimkan surat tersebut melalui e-mail kepada Indria Fernida A, Wakil Koordinator Komisi untuk Orang Hilang dan Korban Tindak Kekerasan (KontraS), yang beralamat di Jl. Borobudur No. 14 Menteng, Jakarta Pusat.

Dalam pengantarnya, Fernida menulis, "Mereka prihatin melihat kekerasan meningkat terhadap anggota Ahmadiyah. Mereka menulis bahwa sumber dari berbagai kekerasan di provinsi-provinsi adalah SKB 2008. Mereka minta Presiden SBY bekerja melindungi kebebasan beragama di Indonesia dgn mencabut SKB tersebut." Surat itu lantas di-forward ke pengurus JAI dan puluhan aktivis liberal di Indonesia serta para wartawan.

Dalam surat ini jelas bisa dibaca bahwa anggota Kongres AS telah melakukan intervensi terhadap pemerintah berdaulat di Indonesia. Mereka dengan sekehendak hatinya meminta agar SBY mencabut Surat Keputusan Bersama 3 Menteri tantang Pelarangan Aktivitas Jemaat Ahmadiyah Indonesia (JAI) dan juga UU Penodaan Agama. Berikut isi surat tertanggal 15 Maret 2011 itu selengkapnya:


KONGRES AMERIKA SERIKAT
WASHINGTON DC 20515

15 Maret 2011


Yang Terhormat H. Susilo Bambang Yudhoyono
Presiden Republik Indonesia
c/o Kedutaan Besar Republik Indonesia
2020 Massachusetts Ave NW
Washington DC 20036


Tuan Presiden,

Kami menulis hari ini untuk mengungkapkan ekspresi atas kecemasan kami yang mendalam, mengenai isu keputusan daerah (SK-Gubernur) di Jawa Timur dan Jawa Barat, yang membuat pelarangan kelompok minoritas Muslim Ahmadiyah di beberapa provinsi. Kami juga meminta Anda segera mencabut Keputusan 2008 tentang pelarangan aktivitas Ahmadiyah di negara ini (SKB Tiga Menteri, red), dan undang-undang lama tentang penodaan agama (Penpres No. 1/PNPS/1965, red) yang digunakan sebagai (dasar hukum) untuk menuntut penerapan/ pelaksanaan kegiatan agama minoritas sebagai (wujud) kebebasan beragama.

Pada 6 Februari, ratusan warga menyerang 25 anggota Ahmadiyah di Cikeusik, Propinsi Banten, di Jawa bagian Barat. Tragisnya, sekitar 30 anggota polisi hanya melakukan upaya minim untuk menggagalkan serangan. Tiga orang meninggal dan enam orang luka-luka setelah mereka secara brutal dipukuli oleh massa menggunakan tongkat kayu, cangkul dan parang.

Sejak adanya Keputusan 2008 (SKB) tentang pelarangan aktivitas Ahmadiyah, kerusuhan menentang agama minoritas terus meningkat. Bukan hanya keputusan yang dikeluarkan di Jawa Timur dan Jawa Barat itu bertentangan dengan prinsip hak asasi internasional, tetapi, jami juga takut bahwa mereka akan memberikan keberanian kepada ekstrimis dan memperburuk kekerasan terhadap Ahmadiyah.

Sekali lagi, dengan segala hormat kami meminta, bahwa keputusan pelarangan aktivitas Ahmadiyah dicabut, dan undang-undang penodaan agama dibatalkan.

Terima kasih atas perhatian Anda terhadap hal yang penting ini, dan kami menunggu respon Anda.

Hormat kami,

Frank R Wolf (Anggota Kongres)
Maurice D Hinchey (Anggota Kongres)
Madeleine Z Bordalo (Anggota Kongres)
Dan Burton (Anggota Kongres)
Joseph R Pitts (Anggota Kongres)
Michael M. Honda (Anggota Kongres)
James P Mc Govern (Anggota Kongres)
Daniel E Lungren (Anggota Kongres)
Sheila Jackson Lee (Anggota Kongres)
Zou Lofgren (Anggota Kongres)
Lloyd Doggett (Anggota Kongres)
Jackie Spejer (Anggota Kongres)
Janice D Schakowsky (Anggota Kongres)
Barney Frank (Anggota Kongres)
Gregorio Kilili Camacho Sablan (Anggota Kongres)
Trent Franks (Anggota Kongres)
Edward J. Markey (Anggota Kongres)
David Wu (Anggota Kongres)
Keith Ellison (Anggota Kongres)
Christopher H Smith (Anggota Kongres)
John F Tierney (Anggota Kongres)
Roscoe G Bartlett (Anggota Kongres)
Thomas E Petri (Anggota Kongres)
Gary C Peters (Anggota Kongres)
David N. Cicilline (Anggota Kongres)
Chethe Pingre (Anggota Kongres)
Jim McDermott (Anggota Kongres)


Rep: M Syah Agusdin
Red: Shodiq Ramadhan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar